Fitur
pada antar muka telematika
1.
Apa
yang dimaksud dengan antar muka?
Antarmuka
sendiri merupakan salah satu bentuk layanan yang disediakan oleh sistem operasi
sebagai sarana untuk interaksi antara pengguna dengan sistem operasi. Antarmuka
sendiri dapat menerima informasi dari pengguna dan memberikan informasi kepada
pengguna untuk membantu mengarahkan alur penelusuran masalah sampai ditemukan
sebuah solusi. Jenisnya sendiri terdiri dari Command Line Interface (CLI)
dan Graphical User Interface (GUI).
2.
Fitur
pada antarmuka pengguna telematika
a.
Head
Up Display System
b.
Tangible
User Interface
c.
Computer
Vision
d.
Browsing
Audio Data
e.
Speech
Recognition
f.
Speech
Synthesis
Teknologi
yang terkait antarmuka telematika:
1. Head
Up Display (HUD) merupakan sebuah tampilan
transparan yang menampilkan data tanpa mengharuskan penggunanya untuk melihat
ke arah yang lain dari sudut pandang biasanya. Asal nama dari alat ini yaitu
pengguna dapat melihat informasi dengan kepala yang terangkat (head up)
dan melihat ke arah depan daripada melihat ke arah bawah bagian instrumen.
Walaupun HUD dibuat untuk kepentingan penerbangan militer, sekarang HUD telah
digunakan pada penerbangan sipil, kendaraang bermotor dan aplikasi lainnya.
2. Tangible
User Interface, yang disingkat TUI, adalah
antarmuka dimana seseorang dapat berinteraksi dengan informasi digital lewat
lingkungan fisik. Nama inisial Graspable User Interface, sudah tidak lagi
digunakan. Salah satu perintis TUI ialah Hiroshi Ishii, seorang profesor di
Laboratorium Media MIT yang memimpin Tangible Media Group. Pandangan
istimewanya untuk tangible UI disebut tangible bits, yaitu memberikan bentuk
fisik kepada informasi digital sehingga membuat bit dapat dimanipulasi dan
diamati secara langsung.
3. Computer
Vision (komputer visi) merupakan ilmu
pengetahuan dan teknologi dari mesin yang melihat. Dalam aturan pengetahuan,
komputer visi berhubungan dengan teori yang digunakan untuk membangun sistem
kecerdasan buatan yang membutuhkan informasi dari citra (gambar). Data citranya
dapat dalam berbagai bentuk, misalnya urutan video, pandangan deri beberapa
kamera, data multi dimensi yang di dapat dari hasil pemindaian medis.
4. Browsing
Audio Data adalah kemampuan mesin untuk mencari
data dengan menggunakan input audio. Suatu ketika kita mendengarkan sebuah
kilasan lagu dan kemudian kita merasa terkesan dengan lagu tersebut. Meskipun
kita hanya mendengarkan secara sekilas, tetapi membuat kita ingin tahu lagu
siapakah itu?
Browsing audio data pada suara tidak seperti browsing teks pada tulisan. Hal ini disebabkan perbedaan sifat antara tulisan dan suara.
Browsing audio data pada suara tidak seperti browsing teks pada tulisan. Hal ini disebabkan perbedaan sifat antara tulisan dan suara.
5.
Speech Recognition Dikenal juga
dengan pengenal suara otomatis (automatic speech recognition) atau
pengenal suara komputer (computer speech recognition). Merupakan salah
satu fitur antarmuka telematika yang merubah suara menjadi tulisan. Istilah ‘voice
recognition’ terkadang digunakan untuk menunjuk ke speech recognition
dimana sistem pengenal dilatih untuk menjadi pembicara istimewa, seperti pada
kasus perangkat lunak untuk komputer pribadi, oleh karena itu disana terdapat
aspek dari pengenal pembicara, dimana digunakan untuk mengenali siapa orang
yang berbicara, untuk mengenali lebih baik apa yang orang itu bicarakan. Speech
recognition merupakan istilah masukan yang berarti dapat mengartikan
pembicaraan siapa saja
6. Speech
Synthesis merupakan hasil kecerdasan buatan dari
pembicaraan manusia. Komputer yang digunakan untuk tujuan ini disebut speech
syhthesizer dan dapat diterapkan pada perangkat lunak dan perangkat keras.
Sebuah sistem text to speech (TTS) merubah bahasa normal menjadi
pembicaraan.
No comments:
Post a Comment