Categories

Wednesday, March 25, 2015

Skripsi atau Kompre??

Di akhir-akhir semester 7 (atau setelah IPK semester 7 keluar), mahasiswa UG sebenarnya sudah bisa memprediksi apakah dia akan mendapatkan SK Skripsi atau tidak. Syaratnya, pada saat memasuki semester 8 berdasarkan Total IPK dari semester 1 sampai  semester 7, minimal IPK = 3,25. Ada ketentuan lain, yaitu total sks semester 1 sampai semester 7, minimal SKS = 136, tapi untuk ketentuan yang SKS ini tidak begitu berpengaruh. Setahu saya misalnya total SKS semester 1 sampai semester 7 = 135 SKS dan tetap mendapatkan SK Skripsi tanpa ada persyaratan lain. Yang sangat berpengaruh adalah syarat SKS untuk menghadapi sidang nanti, yaitu total SKS semester 1 sampai semester 8 minimal = 152 SKS.
Bagi mahasiswa yang sudah mendapatkan SK Skripsi, dapat langsung menemui Dosen Pembimbing (DP) yang sudah ditentukan untuk memulai bimbingan skripsi. DP tersebut tidak dapat diganti. Jangan lupa pula untuk mengisi KRS semester 8 dengan memasukkan “Skripsi / Tugas Akhir” sebanyak 6 SKS dan boleh hanya mengambil sebagian mata kuliah pilihan saja di semester 8, sehingga tetap dapat memenuhi syarat sidang, total SKS semester 1 sampai semester 8 minimal = 152 SKS.
Namun, bila ingin pindah ke jalur kompre, maka mahasiswa yang telah mendapat SK Skripsi tersebut harus menunggu 1 semester berikutnya, untuk bisa mendaftar sidang kompre (di semester berikutnya).

Proposal Skripsi
Bagi mahasiswa yang belum memenuhi syarat untuk mendapatkan SK Skripsi (otomatis), IPK >= 3,25, masih dapat mengajukan proposal skripsi ke jurusan (bila ingin mengambil jalur skripsi).

Kompre
Sedangkan, bagi mahasiswa yang tidak mendapatkan SK Skripsi otomatis dan lebih memilih jalur kompre, maka pada saat mengisi KRS semester 8 harus mengambil beberapa mata kuliah pilihan di semester 8, sehingga syarat sidang, dimana total SKS semester 1 sampai semester 8 minimal = 152 SKS, bisa terpenuhi. Nanti ketika sebelum sidang kompre kita akan mengambil salah satu dari 3 paket sidang yang akan diujikan. Setiap paket biasanya terdiri dari 3 mata kuliah tertentu. Tentu kita harus menguasai materi-materi tersebut untuk diujikan nanti.


            Setelah mengetahui perbedaannya, semua keputusan apakah kita akan mengambil skripsi ataupun kompre itu keputusan kita. Jika mendapatkan SK Skripsi maka sebaiknya kita mengambil jalur skripsi saja. Tapi semuanya diukur kembali pada niat dan kemampuan kita. Jangan terlalu memaksakan diri. Bagi yang sanggup untuk menjalankan skripsi sebaiknya dipersiapkan dengan baik. 

No comments:

Post a Comment