Categories

Thursday, April 25, 2013

Manusia dan Pandangan Hidup



http://sphotos-b.xx.fbcdn.net/hphotos-ash4/p480x480/374394_508603469196457_380004002_n.jpg

Sejak kecil kita selalu ditanya sama orang-orang “cita-citanya mau jadi apa??” Mungkin kalau dulu kita bilangnya mau jadi dokter, polisi, presiden, astronot, dsb. Sebagian dari kita mungkin ada yang berhasil sesuai cita-citanya, sebagiannya lagi mungkin masih berusaha mencapainya atau sebagiannya lagi belum memiliki tujuan hidup ini sendiri. Menurut saya, pandangan hidup seseorang bisa dilihat dari pencapaian secara duniawi dan pencapaian secara spiritual. Kebanyakan dari kita hanya sibuk mencapai cita-cita atau tujuan duniawi saja. Kita bukannya tidak boleh mencapai tujuan duniawi tetapi kalau kita hanya sibuk dengan tujuan hidup duniawi kita tidak akan pernah terpuaskan. Kita akan selalu berharap lebih dan itu tak akan ada selesainya.
            Tujuan hidup setiap makhluk adalah ingin bahagia. Kita semua berlomba-lomba mendapatkan kebahagiaan. Kebahagiaan itu sebetulnya tidak jauh dari kita selama keserakahan dan kemelekatan masih membelenggu batin kita, kita tidak akan pernah terpuaskan dengan tujuan hidup kita kalau kita selalu menuntut lebih terhadap apa yang kita inginkan. Di zaman sekarang orang kebanyakan egois dan apatis, semakin tidak peduli dengan kebahagiaan orang lain atau istilahnya gua ya gua, elu ya elu.
Kita tentunya perlu belajar bagaimana tujuan hidup kita bukan hanya sekedar membahagiakan hidup kita sendiri. Belajar berwelas asih, berperilaku tanpa cela. hidup dalam kesederhanaan, merasa puas, dan tahu berterima kasih akan membantu kita merealisasi tujuan dan pandangan hidup kita akan kebahagiaan yang sejati dan kebijaksanaan. Dengan berlatih seperti itu selain kita mendapatkan kebahagiaan duniawi juga, hidup kita akan menjadi berkat dan berbagi kebahagiaan kepada semua makhluk.
Semoga semua makkhluk berbahagia.

No comments:

Post a Comment