Categories

Sunday, May 5, 2013

Manusia dan Tanggung Jawab



http://gerryghost.files.wordpress.com/2011/04/pemerintah-melepaskan-diri-dari-tanggung-jawabnya.jpg
Tanggung jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatannya yang disengaja maupun yang tidak di sengaja. Tanggung jawab juga berarti berbuat sebagai perwujudan kesadaran akan kewajibannya. Tanggung jawab itu bersifat kodrati, artinya sudah menjadi bagian kehidupan manusia, bahwa setiap manusia pasti dibebani dengan tanggung jawab. Manusia tidak boleh berbuat dan hidup semaunya terhadap manusia lain dan terhadap lingkungannya.
Tanggung jawab dapat berupa tanggung jawab terhadap diri kita sendiri, tanggung jawab kepada keluarga, tanggung jawab kepada masyarakat, bangsa, dan negara serta tanggung jawab kita terhadap Tuhan. Lalu, bagaimana tanggung jawab kita sebagai mahasiswa di kampus dan pribadi di keluarga dan masyarakat? Sebagai mahasiswa kita tentunya sudah seharusnya berpikir dewasa. Kita bukan lagi anak-anak SD yang masih banyak diatur oleh ini itu. Sebagai mahasiswa kita tentunya harus sudah tahu oleh aturan-aturan yang ada dan tanggung jawab kita dengan lebih rasional. Dengan berpikir lebih rasional, maka kita akan dapat berpikir dengan kritis dan dapat mempersiapkan diri kita untuk lebih siap terjun di masyarakat atau kehidupan ini secara real.
Menjadi lebih dewasa bukan berarti lepas pengawasan dan tanggung jawab dari orang-tua dan keluarga. Tentu status kita sebagai anak tentu memiliki tanggung jawab untuk berbakti kepada orang tua dan merawat hubungan keluarga kita. Lalu, kita juga diajak untuk berkontribusi memberikan aspirasi kita untuk pelayanan masyarakat, bangsa, dan negara. Misalnya kita aktif dalam organisasi-organisasi dan berkontribusi dalam pembangunan negara. Lalu yang terakhir jangan lupa kita selalu tawakal dan selalu ingat dengan perintah-perintah Tuhan agar kita selalu mendapat bimbingan dari-Nya.
Semoga semua makhluk berbahagia­! Be Happy! ☺

No comments:

Post a Comment