Categories

Thursday, September 10, 2015

Pengalaman Berorganisasi


Pengalaman Organisasi


Pengalaman saya dalam berorganisasi cukup banyak. Saya sudah berkecimpung dalam organisasi sejak SMP. Hingga saat ini saya aktif dalam 5 organisasi baik di lingkungan kampus maupun di luar kampus. Berikut ini adalah organisasi yang pernah saya ikuti:
1.      PMV (Persaudaraan Muda/i Vihara) Sakyawanaram, Pacet – Cipanas (2006 – sekarang).
2.      SEKBER PMVBI (Sekretariat Bersama Persaudaraan Muda/i Vihara Buddhayana Indonesia) atau lebih dikenal Pemuda Buddhayana Indonesia Provinsi Jawa Barat (2006 – sekarang).
3.      SEKBER PMVBI (Sekretariat Bersama Persaudaraan Muda/i Vihara Buddhayana Indonesia) atau lebih dikenal Pemuda Buddhayana Indonesia Pusat (2008 – sekarang).
4.      FKDMBI (Forum Komunikasi Dhammaduta Muda Buddhis Indonesia) Provinsi Jawa Barat (2008 – 2011).
5.      Biro SDM (Sumber Daya Manusia) SEKBER PMVBI - Pemuda Buddhayana Provinsi Jawa Barat (2008).
6.      OSIS SMA Kristen 1 BPK Penabur Cianjur (2008 - 2010).
7.      PMBG (Persaudaraan Mahasiswa Buddhis Gunadarma) (2012 – sekarang).
8.      UG BaKor (Komunitas Bahasa Korea untuk Mahasiswa Universitas Gunadarma) (sekarang).
9.      Pengurus Yayasan Vihara Sakyawanaram, Pacet – Cipanas (sekarang).

PMV Sakyawanaram
            PMV Sakyawanaram adalah organisasi kepemudaan di Vihara Sakyawanaram, Pacet – Cipanas. Organisasi ini selain bergerak dalam pengembangan spiritual Buddhisme, tapi bergerak dalam pengembangan karakter sumber daya manusia (SDM) kepemudaan. Saya mulai aktif di PMV Sakyawanaram dari tahun 2006. Pada awalnya hanya sebagai anggota aktif saja. Kemudian di tahun 2008 – 2009 menjabat di Divisi Kesenian. 
 
Kemudian di tahun 2009 – 2010 saya dipercaya untuk menjadi Ketua PMV Sakyawanaram dan berkesempatan menjadi Ketua Panitia Diskusi Dhamma dan Ceramah Rohani (DDCR) IV di April 2010. Kemudian diakhir 2010 saya digantikan posisinya dan menjabat sebagai Divisi Dhammaduta dan Kesenian. Pada 2012 – sekarang saya di tempatkan kembali di Divisi Rohani PMV Sakyawanaram.
Di tahun 2013 ini saya juga tergabung dalam kepengurusan Yayasan Vihara Sakyawanaram untuk membantu memberikan pelayanan ke umat dan perkembangan Vihara Sakyawanaram itu sendiri.
 


SEKBER PMVBI (Sekretariat Bersama Persaudaraan Muda/i Buddhayana Indonesia) – Pemuda Buddhayana Indonesia
            SEKBER PMVBI atau Pemuda Buddhayana Indonesia adalah salah satu organisasi kepemudaan Buddhis terbesar di Indonesia. SEKBER PMVBI yang berada di bawah naungan Majelis Buddhayana Indonesia dan Sangha Agung Indonesia secara aktif memberikan kontirbusi besar bagi perkembangan Agama Buddha di Indonesia. PMV Sakyawanaram yang juga berada di bawah naungan SEKBER PMVBI secara langsung memberikan sumbangsih dan peranan dalam SEKBER PMVBI Provinsi Jawa Barat maupun Pusat.
          
 Ketika saya aktif di PMV Sakyawanaram otomatis saya juga aktif di SEKBER PMVBI Provinsi Jawa Barat. Di tahun 2008 saya mengikuti Musyawarah Nasional X SEKBER PMVBI di Prasadha Jinarakkhita, Puri Kembangan – Jakarta Barat. Di sana saya aktif dalam penyusunan kegiatan atau Blue Print untuk Biro SDM dan Forum Komunikasi Dhammaduta Muda Buddhis Indonesia. Kemudian, di akhir tahun 2011 saya kembali mengikuti Musyawarah Nasional XI dan Sarasehan Temu Karya Nasional SEKBER PMVBI di Palembang, Sumatera Selatan.
 
Selain aktif di kegiatan tingkat nasional, saya juga selalu aktif dalam kegiatan di skala provinsi. Kegiatan yang pernah diikuti antara lain : Sarasehan GABI (Gelanggang Anak Buddhis Indonesia) II – XI (2004 – 2013), Diskusi Dhamma dan Ceramah Rohani, Musyawarah Daerah, dan Sarasehan Temu Karya Daerah serta acara lainnya yang tak dapat saya sebutkan satu persatu.
OSIS SMA Kristen BPK Penabur Cianjur
Saya tergabung di OSIS SMAK BPK Penabur Cianjur sejak saya duduk di kelas X SMA sampai kelas XII SMA. Pada kelas X saya menjabat sebagai Divisi Kesenian OSIS SMAK BPK Penabur Cianjur. Kemudian di kelas XI saya dicalonkan sebagai Ketua OSIS SMAK BPK Penabur Cianjur. Di saat itu saya belum diberikan kesempatan sebagai Ketua dan saya di tempatkan di Divisi Humas.
Kegiatan-kegiatan yang pernah dilaksanakan antara lain: Penabur Basketball Competion se- Kabupaten Cianjur. Panitia Masa Orientasi Siswa Baru 2010, Latihan Dasar dan Kepemimpinan Siswa di tahun 2008, 2009, dan 2010 serta kegiatan-kegiatan lainnya yang tak dapat disebutkan satu persatu.
Persaudaraan Mahasiswa Buddhis Gunadarma (PMBG)
            Saya masuk ke Universitas Gunadarma di tahun 2012 dan kemudian bergabung dengan UKM RohBud atau lebih dikenal Persaudaraan Mahasiswa Buddhis Gunadarma (PMBG). Selama kurang lebih satu tahun bergabung saya telah mengikuti dan aktif dalam berbagai kegiatan diantaranya:
1.      Pekan Penghayatan Dhamma (PPD) di Vihara Vipassana Grha – Lembang, Bandung (Maret 2013)
2.      Divisi Acara Panitia Waisak Persaudaraan Mahasiswa Buddhis Gunadarma (PMBG) (Wisma Sangha Theravada Indonesia, Jakarta Selatan - Mei 2013).
3.      Divisi Acara Panitia Aksi Bakti Sosial (BakSos) Keluarga Mahasiswa Buddhis Jabodetabek (KMBJ) wilayah 3 (UI, Gundar, UP, dan IPB) – Desa Ciampea, Bogor. (Juni 2013).
4.      Koordinator Divisi Acara Panitia Buddhist Camp Persaudaraan Mahasiswa Buddhis Gunadarma (PMBG) – Vihara Bumi Tridharma, Pacet (Oktober 2013).
5.      Divisi Acara Panitia Kathina Dana Persaudaraan Mahasiswa Buddhis Gunadarma (PMBG) (untuk November 2013).
6.      Ketua Panitia Acara Pekan Penghayatan Dhamma (PPD) Persaudaraan Mahasiswa Buddhis Gunadarma (PMBG) (untuk Maret 2014).
7.      Jumat-an atau Kebaktian Umum PMBG yang rutin dilaksanakan pada hari Jumat siang.
UG BaKor (Komunitas Bahasa Korea untuk Mahasiswa Universitas Gunadarma).
            Untuk memantapkan khazanah bahasa yang saya miliki saya memutuskan untuk belajar bahasa Korea (한국어). Di Gunadarma sendiri terdapat Komunitas Belajar yang aktif di sesi belajar pada hari Minggu siang. Sejauh ini saya sudah mengikuti TOPIK (Test of Proficiency in Korean) atau 한국어능력시험 di level Beginner. TOPIK mirip seperti TOEFL atau IELTS yang standarnya adalah standar internasional dan berlaku di seluruh dunia.


No comments:

Post a Comment