Categories

Wednesday, March 25, 2015

Be Creative with Samsung Galaxy Note Edge

Halooo..

Di rumah pelihara ayam ketawa
Baru saja mati dimakan buaya
Halo sobat ku semua
Kini berjumpa lagi dengan saya

Sekitaran November 2014 Samsung merilis smartphone baru. Untuk di Indonesia sendiri ponsel ini baru masuk sekitar bulan Februari 2015. Untuk tipe smartphone Samsung Galaxy Note kali ini sedikit berbeda dari bentuk smartphone pada umumnya. Yang biasanya kita hanya melihat layarnya yang hanya berbentuk simetris datar saja tapi kali ini beda banget sob. Istilahnya udah mainstream kalo layar ponsel begitu-begitu aja. So, apa sih yang bikin smartphone ini bikin greget buat dimiliki? Ya, Samsung Galaxy Note Edge ini memiliki layar lengkung di sisi kanannya. Terlihat futuristik dan artistik banget bentuknya. Sesuai dengan nama seri Galaxy Note ini yaitu “Edge” yang berarti ponsel pintar ini memiliki layar tepi atau di sisi pinggirnya. Seperti yang kita tahu sob kalo Note itu dilengkapi dengan S Pen khas Samsung yang fungsinya tak sekedar catat mencatat tapi banyak hal yang bisa dilakukan dari S Pen ini. Ibaratnya S Pen ini seperti bolpennya smartphone.




 Samsung Galaxy Note Edge ini menghadirkan pengalaman baru kepada user untuk mengakses informasi, berinteraksi, dan mengekspresikan kepribadian serta seleranya. Layar ujungnya yang melengkung unik, menampilkan shortcut ke aplikasi yang sering digunakan, notifikasi dan semua fungsi perangkat dengan hanya mengeserkan jari, bahkan ketika cover tertutup tetap bisa dilakukan. Dengan fitur “Extended Pleasure” tidak ada lagi notifikasi penting yang terlupakan. Semua notifikasi dipindahkan ke ujung layar yang memungkinkan kita tetap fokus pada konten utama tanpa adanya gangguan sob. 

Saya sih tahu Samsung Galaxy Note Edge ini dari salah satu drama Korea berjudul “Pinocchio”. Ponsel yang digunakan pada pemain-pemain drama ini menggunakan Samsung Galaxy Note Edge. Ketika saya melihatnya untuk pertama kali terlihat tidak ada bedanya dengan smartphone bentuk biasa. Tapi ketika dilihat salah satu sisinya ternyata terlihat sisi Edge nya yang keren banget sob.
Ayo kita mengenal spesifikasi dari Samsung Galaxy Note Edge ini supaya kita tahu apa aja sih yang bisa kita lakukan dengan smartphone ini.


Spesifikasi dari Samsung Galaxy Note Edge

Ini sob hal-hal yang akan saya lakukan kalau saya memiliki Samsung Galaxy Note Edge ini:
1.      Express Me!
Samsung Galaxy Note Edge ini memiliki fitur “Express Me” yaitu dimana kita bisa mengatur tampilan Edge atau tepi layar ini pada saat mode lock screen. Untuk tampilannya bisa menggunakan gambar atau tulisan. Kalau yang akan saya lakukan sih mengatur tampilan Edge nya dengan tulisan tangan dan ditulis nama saya. Pokoknya bisa coret-coret sesuka hati. Kelihatannya juga ponselnya juga jadi ada nama pemiliknya. Keren kan??



2.    Smart Notification
Edge Screen nya tidak hanya untuk menampilkan notifikasi saja sob. Selain bisa kita kustomisasi sendiri tampilan Edge Screen nya ternyata banyak fungsi-fungsi lain. Misalnya seperti ruler atau penggaris. Edge Screennya bisa jadi penggaris dadakan lho. Walaupun tidak terlalu panjang tapi cukup untuk mengukur sesuatu sekitar 10 cm. Jadi gak usah repot bawa-bawa penggaris. Selain Edge Screennya juga dapat menampilkan stopwatch, timer, countdown, torch, recording, music player, news highlight, dan masih banyak lagi quick tools yang dapat ditampilkan.




3.   Just Select and Preview!
Buat saya yang suka browsing atau cari-cari informasi atau yang sering belanja-belanja online ini fitur keren banget sob. Biasanya saya suka belanja online dan harus membuka banyak link dan tab yang berbeda-beda untuk melihat setiap situs dan bolak balik tab. Tidak usah khawatir kita pusing terlalu banyak membuka banyak link. Dengan S Pen nya kita hanya perlu mendekatkan stylus dengan tulisan url tersebut. Maka akan secara otomatis terlihat preview web atau barang belanjaan tanpa harus kita membuka link tersebut. Cukup membantu bukan?



4.   I Can Hear Your Voice!
Fitur lainnya adalah “Sound Detector”. Pada fitur ini ponsel kita akan mengenali suara tertentu dan memberi respon kepada kita. Suara yang dapat dikenali hanya suara tangisan bayi (Baby crying detector) dan suara bel pintu (Doorbell detector). Kalau saya sering mendengar musik melalui headset sehingga kalau di rumah ada tamu yang datang saya tidak mendengarnya. Dengan fitur ini bisa memberitahu kita kalau ada tamu datang lewat deteksi suara bel pintu yang sebelumnya telah kita simpan di ponsel sehingga dapat dikenali. Mudah-mudahan nantinya fitur ini dapat dikembangkan lagi sehingga lebih banyak lagi mengenali banyak suara. Mungkin nanti bisa ada fitur mengenali suara pacar kita yang marah-marah. Ehh kok malah curhat. Hehe.



5.    Everything Begins with an Idea!
Untuk saya yang seorang mahasiswa apalagi sekarang sedang Penulisan Ilmiah (seperti skripsi) urusan catat mencatat menjadi hal yang akan sering dilakukan seharian. Membaca e-book, jurnal online ataupun e-jurnal, dan banyak artikel-artikel lainnya akan banyak saya lakukan untuk mendukung pekerjaan saya menuntaskan Penulisan Ilmiah saya. Bagian-bagian penting dalam setiap bacaan atau objek penulisan akan dapat dengan mudah diberi tanda, dirangkum, atau diberikan catatan. Ini akan cukup membantu saya sehingga tidak perlu repot membawa banyak catatan dan buku kemanapun. Menuangkan berbagai ide untuk memulai sebuah konsep yang kreatif akan menjadi lebih mudah kita simpan dan rangkum di ponsel kita yang satu ini.

Fitur Photo Note


Menuangkan ide menjadi sesuatu hal lebih sederhana untuk dilakukan


Mencatat hal-hal penting lebih mudah dan menyenangkan

6.    Be My Assistant!
Dengan spesifikasi yang sangat mumpuni dan OS yang upgradable to Android Lollipop, saya yakin Samsung Galaxy Note Edge mampu melakukan banyak tugas dan berperforma sangat baik tanpa adanya lag. Untuk mendukung Penulisan Ilmiah saya yang rencananya akan membuat konsep AR (Augmented Reality) di Android dan game Android, maka dibutuhkan smartphone yang memiliki spesifikasi yang cukup tinggi. Dengan prosesor quad core sebesar 2,7 GHz dan RAM 3 GB saya rasa lebih dari cukup untuk mengembangkan konsep Penulisan Ilmiah saya. Andai saja ponsel ini bisa hidup seperti manusia jangankan hanya sebagai asisten pribadi, kalau perlu akan saya nikahi juga! Hehehe...


Memaksimalkan Augmented Reality dengan Samsung Galaxy Note Edge


Menjalankan hasil game Android buatan sendiri untuk Penulisan Ilmiah dengan lancar


Membuat sketch jauh lebih mudah dengan S Pen sehingga lebih mudah membuat detail gambar model

7.  Multi Windows
Salah satu yang menjadi keunggulan Samsung Galaxy Note Edge itu salah satunya bisa bekerja dengan Multi Windows sob. Dengan fitur ini smartphone kita sudah seperti layaknya sebuah PC ataupun laptop. Kita tidak usah lagi repot-repot menggonta-ganti atau berpindah windows untuk menjalankan suatu aktivitas. Apalagi nih sob misalnya ketika kita sedang menonton pertandingan bola klub kesukaan kita atau film kesukaan kita di ponsel sering sekali masuk notifikasi-notifikasi yang cukup mengganggu layar. Apalagi apabila terdapat pesan yang harus kita balas. Tentu cukup mengganggu ketika kita harus meninggalkan aktivitas menonton kita. Apalagi ketika kita sedang membalas pesan dan ternyata dalam pertandingan tersebut berhasil mencetak gol pada saat yang bersamaan. Dalam kejadian seperti itu Sakitnya Tuh Disini dan Disitu saya merasa sedih sob. Nah, dengan fitur Multi Windows ini kita bisa membuka banyak aplikasi dalam satu layar hingga 10 aplikasi. Hanya dengan me-minimize atau resize ukuran windowsnya saja dan menempatkannya dimanapun sehingga kita tidak perlu khawatir kehilangan momen-momen penting dan membalas pesan penting atau aktivitas lainnya pada saat yang bersamaan.


8.  Eyes Massage
Dengan didukung layar Super AMOLED sebesar 5,6 inch dan memiliki resolusi 2560 x 1440 (Quad HD) serta memiliki kerapatan hingga 524 ppi saya rasa sangat memanjakan mata. Dengan tampilan saturasi yang memukau ini aktivitas di depan ponsel menjadi sangat menyenangkan. Saya bisa menonton video, tayangan, dan film dengan kualitas Quad HD kesukaan kita dengan tampilan yang sangat memukau. Ditambah lagi dengan lapisan pelindung Corning Gorilla Glass 3 membuat layar smartphone semakin kuat dari berbagai goresan dan sidik jari yang menempel di layar. Pokoknya memanjakan mata banget lah sob. 

9.  Connect to the World
Di zaman sekarang yang serba online tentu setiap aktivitas kita akan banyak sekali terhubung dengan koneksi internet. Entah untuk media sosial, browsing, membaca berita online, dan lain sebagainya yang membutuhkan koneksi internet. Apalagi saya seorang mahasiswa tentu setiap hari browsing, download, maupun upload untuk tugas-tugas kuliah saya. Dengan fasilitas koneksi internet dari 2,5G – 4G dan fasilitas WiFi di Samsung Galaxy Note Edge ini saya bisa berselancar dengan cepat. Apalagi didukung koneksi 4G membuat berselancar di dunia maya menjadi wushhhh ngebut banget. Say goodbye for internet lola!

10.  Abadikan Setiap Momen
Ini sob salah satu keunggulan dari Samsung Galaxy Note Edge yang menjadi dambaan bagi setiap orang, yaitu kameranya. Bagi para pecinta fotografi terutama yang menggunakan ponsel, Samsung Galaxy Note Edge bisa dibilang jawaranya. Dengan kamera utama sebesar 16 MP dengan fitur Smart OIS dan kamera depan sebesar 3,7 MP lensa F1.9 dan dapat menjangkau hingga 120o akan menghasilkan foto yang amazing. Saya akan banyak mengabadikan setiap momen. Dengan mode-mode seperti Rear Cam Selfie, Selective Focus, Panorama, Food, Sport, Virtual Tour, dan apabila ingin menambah modenya lebih banyak tinggal download saja. Tidak perlu khawatir juga saat mengambil foto di tempat yang minim cahaya. Dengan fitur Smart OIS dapat memberikan hasil foto yang terbaik dan memukau walaupun dalam pencahayaan minim. Smartphone ini juga cocok saya bawa nongkrong dengan teman-teman untuk selfie bersama-sama. Dengan jangkauan hingga 120o semua orang bisa ikut kebagian eksis di kamera. Intinya makin seru banget untuk diajak eksis dimanapun dan kapanpun. Kualitas videonya pun tidak kalah ajib sob. Kualitas videonya bisa sampai 2560p. Dengan kualitas seperti itu saya bisa membuat film atau video kecil-kecilan dengan kualitas yang baik.

11.    Shortened Recharge, Lenghtened Use
Untuk saya yang suka kelupaan untuk mengisi kembali daya baterai ponsel fitur ini dapat diandalkan banget sob. Dengan kapasitas baterai sebesai 3000 MAh saya rasa cukup menemani aktivitas saya seharian. Apalagi kalau kelupaan recharge baterai tidak usah khawatir sob. Dengan pengisian selama 30 menit saja kita dapat mengisi 50% daya baterai kita kembali (dari 0 – 50). Pokoknya kita tidak akan jadi Bang Toyib yang selalu tidak ada kabar dan dicari-cari ketika ponsel kita mati karena kehabisan baterai. Di samping itu juga disertakan Ultra Saving Mode, yaitu mode untuk mengurangi konsumsi baterai kita. Dengan mode seperti ini layar akan menjadi hitam putih dan akan menghemat baterai kita.

12.  Save Everything
Dengan kapasitas memori internal hingga 32 GB dan dapat mendukung memori eksternal hingga 128 GB saya dapat menyimpan apapun tanpa harus khawatir ruang penyimpanan internal yang tinggal sedikit. Dengan kapasitas sebesar itu saya bisa memasukkan berbagai file-file, aplikasi, dan cukup untuk berbagai game-game berukuran besar seperti Asphalt, Pacific Rim, dan lain-lain. Memainkan game pun terasa cepat dengan prosesor dan RAM yang besar.

13.  Share Everyting
Hidup ini lebih berarti kalau kita bisa saling berbagi buat orang lain sob. Untuk keperluan aktivitas transaksi data atau file-file penting saya harus membawa-bawa laptop yang cukup berat. Dengan Samsung Galaxy Note Edge ini saya tidak perlu lagi repot membawa laptop, semua file-file presentasi, tugas, foto, dan file penting lainnya bisa saya simpan baik di penyimpanan ponsel sendiri ataupun di layanan Cloud. Saya bisa berbagi apapun kepada banyak orang dengan mudah. Selain itu saya bisa berbagi pengalaman mengenai teknologi kepada banyak orang.
Tidak hanya berbagi data, file, ataupun pengalaman. Seandainya saya bisa memiliki Samsung Galaxy Note Edge ini saya akan mentraktir semua sahabat-sahabat saya. Istilahnya syukuran begitu. Sehingga manfaat dan kebahagiaannya bisa saya bagi juga untuk banyak orang.
Tidak terasa sudah banyak ulasan mengenai hal apa saja yang akan saya lakukan dengan Samsung Galaxy Note Edge ini sob. Masih banyak lagi fitur-fitur lainnya yang masih belum saya ketahui. Nanti ketika saya berhasil mendapatkan Samsng Galaxy Note Edge ini langsung saya bedah dan kupas tuntas. Kemudian, karena ponsel ini memiliki berbagai fitur yang menarik dan membantu sehingga banyak manfaat yang diperoleh. Sayang nantinya kalau hanya digunakan sebatas untuk sosial media, bermain game biasa, ataupun berfoto biasa. Tapi masih banyak hal-hal yang sebetulnya akan lebih banyak membantu aktivitas keseharian dan menumbuhkembangkan kreativitas kita dengan Samsung Galaxy Note Edge. Saya juga belajar bukan hanya menjadi seorang end user yang hanya bisa memakai saja. Seiring dengan semakin majunya teknologi kita jangan sampai menjadi budak teknologi yang hanya pasif bisa memakai saja. Alangkah lebih bijaksana kalau kita bisa turut berkontribusi dalam pengembangan kemajuan teknologi. Kalau begitu sekian dan terima kasih ulasan dari saya. Semoga bermanfaat!

#MeAndNoteEdge

Semoga semua makhluk berbahagia. Be Happy!

Picture Source:
K-Drama “Pinnochio” Episode 15
Meme Buatan Sendiri


No comments:

Post a Comment