Categories

Monday, May 11, 2015

Internet Gratis di Indonesia



Internet gratis merupakan dambaan bagi setiap orang saat ini. Hal ini karena kebutuhan di internet sangat jauh berkembang pesat daripada tahun - tahun sebelumnya. Kebutuhan ini bisa untuk pendidikan, komunikasi, bisnis, atau hanya sekedar hiburan saja. Tetapi tentu saja pada inti permasalahannya adalah kebutuhan mengenai internet. Kondisinya sekarang ini, Indonesia masih menggunakan jalur back bound dari Singapura. Oleh karena itu, harga internet di Indonesia masih mahal dibandingkan negara - negara yang lain. Jadi, masih bisakah kita berinternet ria dengan harga 0 rupiah alias GRATIS?
Pertanyaan ini bisa dijawab dengan dua kata, yaitu “VPN” dan “SSH”. Dua hal inilah yang dapat mengantarkan kita untuk dapat berinternet ria dengan harga 0 rupiah alias gratis. Tutorial mengenai penggunaan VPN dan SSH gratis dapat anda cari di internet. Sudah banyak website atau blog yang menyediakan tutorial menggunakan VPN dan SSH secara gratis. Dari semua tutorial yang ada, tentu yang kita butuhkan adalah akun VPN dan SSH tersebut.
Pertanyaan selanjutnya, “Bagaimana cara mendapatkan akun VPN dan SSH secara gratis?”
Banyak website atau blog yang sudah menyediakan layanan VPN dan SSH gratis. Layanan VPN gratis yang terkenal adalah di vpngate.net yang sering kali dipakai para mahasiswa untuk mendapatkan koneksi internet. Kekurangan dari vpngate.net ini adalah server vpn yang tidak stabil. Jadi, bisa saja tiba – tiba mati karena ini adalah layanan gratis dari berbagai belahan dunia. Server VPN yang paling stabil menurut penulis adalah dari server korea dan Jepang. Bagi pembaca yang ingin mencoba membuat akun di vpngate.net bisa memilih dua lokasi server tersebut. Untuk layanan VPN gratis yang lebih stabil, namun ada waktu tenggang pemakaian adalah di vpnbook.com. Disini pembaca dapat menggunakan akun VPN selama beberapa hari tanpa takut terjadi koneksi yang tiba – tiba mati. Sedangkan di Indonesia, server yang membagikan VPN gratis belum ada. Namun, pembuatan ssh gratis sudah ada di Indonesia. Website sshkaskus.com lah yang menyediakan akun ssh gratis yang berjangka waktu 1 minggu. Waktu seminggu tentunya sudah cukup lama untuk berinternet ria dengan GRATIS.
Dari beberapa website diatas, kekurangannya adalah pembuatan akunnya yang hanya SSH atau VPN saja. Tidak ada yang menyediakan satu akun yang langsung dapat dipakai untuk VPN dan SSH. Selain itu, akun GRATIS yang ditawarkan ini tidak memberikan koneksi internet yang premium. Hanya gratis, namun koneksi internet yang tidak maksimal untuk kebutuhan internet yang semakin meningkat.
Pertanyaan lagi. “Adakah website yang menyediakan kedua akun (VPN dan SSH) secara GRATIS dan PREMIUM?”.
Hal inilah yang menjadi perhatian dari admin white-vps.com. Admin tahu bagaimana kebutuhan akan kedua akun ini yang dapat silih berganti saling mengisi kekosongan. Oleh karena itu, white-vps.com menyediakan akun VPN dan SSH secara gratis dan PREMIUM. White-vps.com juga mempunyai grup facebook sebagai tempat bagi para pengguna akun ini untuk request atau meminta tutorial dan saran / kritik. Apakah cuma itu? Ternyata tidak juga, white-vps.com memiliki server di Singapura dengan vendor Digital Ocean. Bagi yang belum tahu Digital Ocean, ini adalah penyedia VPS yang powerfull di dunia dengan mengalahkan rival-rivalnya yaitu Vulr dan Linode. Oleh karena itu, tentunya sangat meyakinkan bahwa akun VPN dan SSH tetap stabil.
Pertanyaan lagi, “Mengapa menggunakan server di Singapura? Mengapa tidak memilih server di Indonesia?”.
Seperti yang sudah dikatakan diawal bahwa koneksi Internet Indonesia masih “menumpang” di Singapura. Oleh sebab itu, jika server white-vps.com di Singapura, maka koneksi internet pun jauh lebih cepat dan stabil daripada koneksi internet di Indonesia. Begitulah kira – kira yang dapat penulis sampaikan.

No comments:

Post a Comment