Categories

Thursday, December 18, 2014

Resensi Buku

SMART TRADER RICH INVESTOR



IDENTITAS BUKU
Judul Buku : Smart Trader Rich Investor – The Baby Steps (Updated Editon)
Harga Buku : Rp. 78.000,-
ISBN : 978-602-03-0270-6
Penulis : Ellen May
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit : 2014
Tebal Buku : 284 halaman




PROFIL PENULIS 
Ellen May, wanita kelahiran tahun 1983 dan ibu dari dua orang anak, sarjana Teknik Informatika Universitas Bina Nusantara, mulai terjun dalam dunia trading pada tahun 2006. Ketertarikannya pada dunia trading dimulai dengan instrumen trading saham. Merasa apa yang ia pelajari bermanfaat, Ellen memutuskan untuk membagikan ilmu kepada semua trader di Indonesia melalui buku “Smart Trader Not Gamblers” yang menjadi best seller dalam 3 bulan sejak pertama kali diterbitkan.
Berhasil dalam trading saham tidak menghentikan semangatnya untuk terus belajar. Selain melakukan trading saham, Ellen juga berhasil dalam investasi saham jangka panjang yang membutuhkan kesabaran, dan memberikan imbal hasil investasi yang berlipat-lipat.
Pasar modal adalah tempat yang luar biasa untuk berinvestasi, namun jumlah investor pasar modal di Indonesia yang tidak sampai 0,5% dari penduduk Indonesia. Prihatin akan hal ini, Ellen May mengembangkan visinya memajukan pasar modal Indonesia dengan moto “Go 1 Juta Investor Pasar Modal di Indonesia”.
Mimpi untuk memajukan pasar modal di Indonesia, dan juga membantu rekan-rekan trader pemula untuk dapat melakukan trading dan investasi dengan benar di pasar modal Indonesia diwujudkan dengan berbagai aktivitas edukasi melalui Twitter @pakarsaham bersama ratusan ribu followers, buku Smart Trader Not Gamblers, melalui mailing list PakarSaham, dan pada berbagai media cetak dan elektronik.
Ia aktif menjadi kontributor radio/pembicara tamu pada stasiun radio: SMART FM Jakarta, V-Radio Jakarta, Sindo Radio Jakarta, Radio Sonora Yogyakarta, Radio Ria FM Solo, Radio Smart FM Semarang, Radio Pas FM Jakarta, Radio JJ FM Surabaya, Radio Bali FM, BBC Radio dan lain sebagainya denga topik pasar modal, investasi, money management, analisis teknikal, dan psikologi trader saham.
Ellen juga menjadi kontributor Kompas TV dalam acara Kompas Siang “Interaktwit”, acara saham “Movers and Shakers” MNC Business, Jakarta serta Berita Satu TV. Detik.com, Majalah SWA, Koran Kontan, Majalah Fortune Business Indonesia, tabloid Nova, Koran Joglosemar, Majalah Bahana, Majalah Mitra Investor, Majalah Pialang Indonesia, Majalah Femina, Koran Bisnis Indonesia, dan Jawa Pos merupakan beberapa media tempat Ellen berbagi informasi kepada khalayak. Ia juga penah diliput dalam profil khusus pada Koran Jawa Pos, Majalah Sekar, Koran Kontan, SoloPos, Majalah Mitra Investor, buletin HAKKA, Majalah HIGH END, Majalah Quality, Investor Daily, dan banyak lagi.
Untuk berbagi ilmu, Ellen memenuhi beberapa undangan menjadi pembicara dalam inhouse training berbagai instansi seperti sekuritas, pengelola dana pensiun, dan universitas.  Dalam rangka mewujudkann visi mewujudkan 1 juta investor dan trader di pasar modal Indonesia, Ellen May memberikan edukasi saham dan finansial bersama rekan-rekan tim Ellen May Institute, dalam workshop Trading Profits (untuk trader), workshop Rich Investor (untuk investor), seminar The Baby Steps (untuk pendatang baru), dan seminar Smart Financial Planning (untuk mengatur keuangan pribadi).
Di tengah segudang aktivitas, Ellen tetap mengembalikan prioritasnya yang utama yaitu keluarga yang harmonis dan berhasil.

SINOPSIS
Banyak orang menyebut istilah “bermain saham”, padahal sama seperti bisnis lainnya, istilah yang tepat adalah “berbisnis saham”. Layaknya sebuah bisnis, Anda harus bertindak tepat dalam setiap langkah. Pasar saham adalah instrumen bisnis trading jangka pendek ataupun investasi jangka panjang yang memberikan potensi keuntungan luar biasa. Namun sayangnya banyak orang belum menikmatinya karena takut dan belum mengerti bagaimana memulai.
Banyak sekali orang merasa skeptis, tidak berani mencoba berinvestasi di pasar modal, terutama saham, karena takut...baik takut rugi, takut salah, takut jika dianggap berjudi, dan takut-takut lainnya. Rasa takut itulah yang menghalangi minat masyarakat Indonesia, terutama golongan menengah yang berdaya untuk mulai investasi di pasar modal Indonesia.
Bayangkan saja, dari 240 juta penduduk Indonesia, jumlah investor pasar modal di Indonesia hanya sekitar 350 ribu saja. Jumlahnya tidak ada 1 persen dari total penduduk Indonesia. Sekali lagi, banyak yang tidak mau terjun karena takut.
Rasa takut seringkali muncul karena orang tidak tahu apa dan bagaimana memulai hal yang baru, tidak tahu apa dan bagaimana berinvestasi saham. Rasa takut dan resiko berinvestasi seringkali muncul karena minimnya pengetahuan. Dengan lebih banyak belajar, maka resiko bisa ditekan dan keuntungan meningkat.
Perjalanan dalam belajar trading maupun investasi saham adalah perjalanan panjang yang butuh ketekunan belajar, kesabaran, dan kedisiplinan. Buku ini memberikan motivasi, petunjuk, sebagai peta, dan menjadi kompas bagi pemula dalam berinvestasi saham.
Karena itulah dalam buku ini pakar saham Ellen May menjelaskan, setiap langkah yang harus dipilih para pemula yang ingin berbisnis saham. Anda takut bingung arah? Tenang, karena dalam buku ini dijelaskan dengan detail langkah demi langkah:
memulai trading ataupun berinvestasi saham dari membuka akun
memilih strategi dari trading jangka pendek atau investasi jangka panjang
berapa modal yang dibutuhkan dan bagaimana jika hanya punya modal minim
bisakah memenuhi kebutuhan hidup hanya melalui saham
bagaimana meminimalkan resiko dan memaksimalkan keuntungan, dan berbagai hal penting lainnya yang diperlukan seorang pemula untuk mulai melangkah berbisnis saham.
Jika Anda ingin m emulai berkecimpung dalam dunia saham, buku ini adalah panduan yang tepat untuk menuntun Anda menjadi trader dan investor yang berhasil.

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN BUKU

1. Kelebihan Buku
Buku ini memotivasi dan menggugah pembacanya untuk berani memulai investasi saham ataupun trading.
Di setiap bab, disajikan komik yang menarik
Penulis memberikan penjelasan yang detail
Pengaplikasian teori yang sesuai
Memberikan informasi bagi para pemula untuk memulai sebuah investasi
Cover yang cukup menarik
Penyampaian yang mudah untuk dipahami.

2. Kekurangan Buku
Penjelasan teori yang terlalu banyak sehingga membuat bosan para pembaca.


SARAN
Sebaiknya teori-teori disajikan dengan contoh-contoh yang lebih banyak agar para pembaca mendapatkan gambaran dan fakta dari penjelasan-penjelasan yang telah disampaikan.



MENDADAK PINTAR BERBICARA BAHASA KOREA



IDENTITAS BUKU
Judul Buku : Mendadak Pintar Berbicara Bahasa Korea
ISBN :  978-602-1576-00-7
Penulis : Wahyupriati
Penerbit : Penerbit Ruang Kata Imprint Kawan Pustaka
Tahun Terbit : 2013
Tebal Buku : 190 halaman

PROFIL PENULIS
Wahyupriati atau yang akrab dipanggil Opi ini lahir di Purwokerto, 23 September 1984. Ia merupakan lulusan dari jurusan Bahasa Korea Universitas Gajah Mada, Yogyakarta angkatan 2003.
Saat ini penulis masih aktif bekerja di salah satu perusahaan Korea di Bandung. Pengalamannya sebagai translater bahasa Korea, pengajar bahasa Korea di lembaga pendidikan dan orang Korea yang belajar bahasa Indonesia, serta menerjemahkannya beberapa artikel membuatknya tertarik untuk menulis buku mengenai tata bahasa dan percakapan bahasa Korea. Tujuan penulis untuk menulis agar dapat membantu semua lapisan masyarakat yang ingin menguasai  bahasa Korea dengan mudah.

SINOPSIS
Bahasa merupakan sarana komunikasi yang paling hakiki dalam kehidupan manusia. Di zaman sekarang ini, menguasai salah satu bahasa asing seperti sudah menjadi suatu kewajiban buat setiap orang. Sekarang ini di negara kita, penggunaan bahasa Korea sedang sangat luar biasa di segala bidang. Mulai dari segi bisnis, hiburan, pariwisata, film, dan musik yang banyak digemari oleh semua lapisan masyarakat. Di sampinng banyak masyarakat Indonesia yang melakukan wisata ke Korea, tidak sedikit juga masyarakat yang tertarik untuk sekolah atau kuliah di negeri ginseng tersebut.
Buku ini tepat untuk Anda yang ingin lancar berbicara bahasa Korea. Dengan konsep baca, tulis, dengan, dan ucapkan terbukti akan lebih mempercepat keterampilan berbicara. Disusun dalam dua bahasa, lengkap dengan hangeul dan latinnya sehingga dapat mengetahui tulisan Korea beserta artinya dalam bahasa Indonesia.
Buku ini memuat beragam aspek penting dalam mempelajari bahasa Korea, dari pengenalan huruf hangeul, cara menulis, dan menggabungkan huruf menjadi sebuah kata atau kalimat, kumpulan percakapan pendek yang biasa digunakan sehari-hari, istilah-istilah yang biasa digunakan sehari-hari, ungkapan pendek atau idiom, dan kumpulan kosakata untuk memperkaya istilah-istilah yang biasa digunakan dalam bahasa Korea. Selain itu, di dalam buku ini juga dijelaskan dasar-dasar tata bahasa, sehingga selain bisa cepat berbicara, kamu juga mengetahui kaidah atau aturan ketika berbicara dalam bahasa Korea.

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN BUKU

3. Kelebihan Buku
Terdapat contoh percakapan sederhana sehingga mudah dipahami
Menjelaskan pola-pola kalimat dengan jelas
Dilengkapi dengan kosakata untuk memperkaya istilah-istilah yang biasa digunakan
Diberikan CD listening bersama native speaker sehingga dapat mengetahui baggaimana cara melafalkan atau mengucapkan kata demi kata maupun kalimat.

4. Kekurangan Buku
Pada penulisan huruf hangeul di dalam kalimat tidak terdapat spasi atau jeda antar kata yang satu dengan yang lainnya sehingga menyulitkan untuk dibaca
Kosakatanya banyak yang diulang-ulang dan telah dibahas sebelumnya.


SARAN
Buku ini cukup membantu bagi para pemula yang ingin belajar bahasa Korea. Buku ini banyak menyajikan bentuk-bentuk percakapan. Alangkah lebih menarik lagi kalau disajikan lebih banyak lagi contoh-contoh percakapan terutama percakapan untuk perkenalan.

DAFTAR PUSTAKA
May, Ellen. 2014. Smart Trader Rich Investor – The Baby Steps. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Wahyupriati. 2013. Mendadak Pintar Berbahasa Korea. Bandung: Penerbit Ruang Kata Imprint Kawan Pustaka.

No comments:

Post a Comment